Senin, 21 Oktober 2013

Program Komputer Teknologi Informatika

SCREEN SAVER 
 1. Apa yang dimaksud dengan screen saver? Monitor komputer menampilkan gambar dengan menembakkan berkas elektron pada layar fosfor berlapis. Jika gambar yang sama tetap pada layar terlalu lama, ada bahaya bahwa gambar akan meninggalkan jejak permanen pada layar. Screen saver membantu mencegah hal ini dengan menyediakan gambar terus berubah.
2. Bagaimana cara memilih screen saver? Untuk memilih screen saver: 1. Klik kanan di manapun pada desktop Windows. Sebuah menu konteks akan muncul. 2. Pilih Properties. The Display Properties kotak dialog akan muncul. 3. Klik tab Screen Saver. 4. Screen Saver lapangan menyediakan daftar screen saver yang tersedia. Pilih screen saver yang user inginkan dari daftar. 5. Klik Preview untuk melihat screen saver. 6. Klik Esc untuk kembali ke kotak dialog Display Properties. 7. Dalam bidang Tunggu, mengatur jumlah menit tidak aktif sebelum screen saver dimulai. 8. Klik OK.
WINDOWS 
1. Apa window ? Sebuah jendela adalah area di desktop user di mana semua program berbasis Windows berjalan.
2. Dapatkah Anda menjelaskan bagian-bagian dari window? Control Box Kotak kontrol menyediakan menu yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan, memindahkan, ukuran, meminimalkan, memaksimalkan, atau menutup jendela. Border Perbatasan memisahkan jendela dari desktop. Anda mengubah ukuran jendela dengan menyeret perbatasan luar untuk memperluas dan dalam untuk kontrak itu. Title bar Judul bar menampilkan nama file saat ini dan nama dari program saat ini. Minimize Button Gunakan tombol Minimalkan untuk mengurangi sementara ukuran jendela atau menghapus jendela dari pandangan. Sementara jendela diminimalkan, judul yang muncul di taskbar. Maximize Button Klik tombol Maksimalkan dan jendela akan mengisi layar. Restore Button Setelah Anda memaksimalkan jendela, jika Anda mengklik tombol Restore, jendela akan kembali ke ukuran semula. Close Button Klik tombol Close untuk keluar jendela dan menutup program. Menu bar Menu bar menampilkan menu program. Anda mengirimkan perintah ke program dengan menggunakan menu. Toolbars Toolbar umumnya menampilkan tepat di bawah menu, tapi Anda dapat menyeret mereka dan menampilkan mereka di sepanjang salah satu perbatasan jendela.Anda menggunakan ikon pada toolbar untuk mengirimkan perintah ke program. Work area Area kerja terletak di tengah jendela. Anda melakukan sebagian besar pekerjaan Anda di area kerja. Status bar Status bar memberikan user informasi tentang status program user trersbut..
3. Dapatkah saya memiliki lebih dari satu window terbuka pada suatu waktu? Ya. Seorang user dapat memiliki lebih dari satu window terbuka pada suatu waktu.
4. Bagaimana cara beralih antara window? Jika memiliki beberapa jendela yang terbuka pada saat yang sama, jendela di atas adalah jendela dengan fokus. User hanya dapat berinteraksi dengan jendela dengan fokus. Untuk mengubah jendela, lakukan salah satu berikut ini: 1. Klik di manapun pada jendela user ingin memiliki fokus. 2. Tahan tombol Alt dan tekan tombol Tab (Alt-Tab) sampai user telah memilih window yang ingin user ubah. 3. Semua file yang aktif ditampilkan pada taskbar. Klik tombol taskbar untuk jendela user ingin memiliki fokus.
5. Bagaimana cara memindahkan window sekitar pada desktop saya? Untuk memindahkan window sekitar pada desktop user, klik kiri bar jendela judul dan tarik jendela.
6. Apa artinya " cascade your windows"? Cascading your windows adalah cara mengatur jendela user di desktop user. Cascading window menyebar di desktop dengan bar judul setiap jendela yang ditunjukkan.
7. Bagaimana saya cascade jendela saya? Untuk cascade jendela user: 1. Klik kanan taskbar. Sebuah menu akan muncul. 2. Klik Cascade Windows.
8. Apa artinya " tile your windows"? Tiling your windows adalah cara mengatur jendela user di layar. Bila me-tile jendela user, Windows XP menempatkan setiap jendela pada desktop sedemikian rupa bahwa tidak ada tumpang tindih jendela jendela lain. User dapat me-tile jendela secara horizontal atau vertikal.
9. Bagaimana saya me-tile window saya? Untuk me-tile window : 1. Klik kanan taskbar. Sebuah menu akan muncul. 2. Klik Tile Windows Horizontally atau Tile Windows vertikal, mana yang user inginkan.
10. Apa scrollbars? Dalam banyak program, jika isi area kerja tidak masuk dalam jendela, scrollbar akan muncul. Sebuah scrollbar vertikal akan muncul di sisi kanan jendela dan scrollbar horisontal di bagian bawah jendela, tergantung pada cocok.Scrollbar vertikal menyediakan cara untuk bergerak ke atas dan ke bawah. Scrollbar horizontal menyediakan cara untuk bergerak dari kiri ke kanan. Gulir kotak menunjukkan di mana user berada dalam dokumennya. Jika gulir kotak di bagian atas scrollbar, user berada di atas dokumen. Jika gulir kotak di tengah scrollbar, user berada di tengah dokumen.
11. Bagaimana scrollbar bekerja? Cara scrollbar bekerja ialah : Untuk bergerak naik dan turun satu baris pada satu waktu: • Klik tanda panah di kedua ujung scrollbar vertikal. Untuk berpindah dari satu sisi ke sisi satu karakter pada satu waktu: • Klik tanda panah di kedua ujung scrollbar horizontal. Untuk memindahkan sekitar satu jendela pada suatu waktu: • Klik di atas kotak gulir untuk bergerak ke atas. • Klik di bawah kotak gulir untuk bergerak ke bawah. Untuk menggulir terus: • Klik panah yang sesuai dan tahan tombol mouse. Untuk pindah ke lokasi tertentu: • Kiri-klik scrollbar dan tahan tombol kiri mouse ke bawah sampai user tiba di lokasi. Misalnya, jika user ingin pergi ke pusat dokumen, klik bagian tengah scrollbar dan tahan tombol kiri mouse. • Atau, tarik kotak gulir sampai user tiba di lokasi yang diinginkan.
12. Apa ikon? Ikon adalah gambar grafis. Ikon membantu user menjalankan perintah dengan cepat. Perintah memberitahu komputer apa yang ingin user lakukan. Untuk mengeksekusi perintah dengan menggunakan ikon, klik ikon.
13. Apa itu menu? Menu menyediakan cara bagi user untuk mengirimkan perintah. Ketika Anda membuka jendela, pilihan menu terdaftar dari kiri ke kanan tepat di bawah judul bar pada menu bar. Ketika user mengklik item menu, menu drop-down akan muncul. Pilih perintah yang user ingin mengeksekusi dari menu drop-down. Elipsis setelah menu drop-down menandakan bahwa ada opsi tambahan, jika user memilih opsi itu, sebuah kotak dialog akan muncul.
14. Apa yang dimaksud dengan tombol shortcut? Use dapat menggunakan tombol pintas untuk mengeksekusi perintah cepat dengan menekan kombinasi tombol bukannya memilih perintah langsung dari menu atau klik pada ikon. Ketika Anda melihat menu, Anda akan melihat bahwa sebagian besar pilihan memiliki satu huruf digarisbawahi. User dapat memilih pilihan menu dengan menekan tombol Alt dan menekan huruf digarisbawahi. User membuat pilihan Alt-kunci dari menu drop-down dan kotak dialog. Dalam tutorial ini dan di situs web ini, kita menggunakan notasi berikut: nama kunci diikuti oleh dasbor dan surat sarana untuk menekan tombol sambil menekan huruf. Misalnya, "Alt-f" berarti tahan tombol Alt sambil menekan "f" (ini akan membuka menu File di banyak program). Sebagai contoh lain, menahan tombol Ctrl sambil menekan "b" (Ctrl-b) akan teks yang dipilih berani dalam banyak program. Dalam beberapa program, Anda dapat menetapkan sendiri tombol pintas.
15. Apa itu selection? Sebuah pilihan adalah area yang disorot di mana user dapat melakukan perintah. Misalnya, jika user menggunakan program pengolah kata, user dapat menyorot kata dan kemudian jalankan perintah Underline untuk menggarisbawahi kata disorot.
16. Bagaimana cara membuat pilihan? Untuk membuat pilihan: 1. Kiri-klik di mana user ingin mulai dari pilihan user. 2. Tahan tombol kiri mouse dan tarik mouse sampai Anda telah menyoroti area yang Anda inginkan. Atau 1. Kiri-klik di mana Anda ingin mulai dari pilihan Anda. 2. Tahan tombol Shift saat Anda menggunakan tombol panah untuk menyorot area yang Anda inginkan. Catatan: Mengetik atas teks yang disorot menggantikan teks lama dengan teks baru Anda mengetik.
17. Jelaskan cut, copy, dan paste? Cut, Copy, dan Paste adalah perintah yang hampir universal. Ketiga fungsi yang digunakan oleh hampir setiap program Windows dan melakukan lebih atau kurang fungsi yang sama di masing-masing. Anda dapat memotong, menyalin, dan program pasta, disk, dan teks, untuk nama hanya beberapa hal. • Cut Pengertian : Ketika Anda memotong sesuatu, akan dihapus dari lokasi saat ini dan disimpan ke Clipboard. Informasi yang disimpan ke Clipboard tinggal di sana sampai informasi baru baik dipotong atau disalin. Setiap kali Anda mengeksekusi Potong atau Salin, Anda mengganti informasi tua di Clipboard dengan apa pun yang Anda hanya dipotong atau disalin. Anda dapat menyisipkan informasi Clipboard yang sama sesering Anda suka. Penggunaan dengan menu : 1. Pilih apa yang ingin di cut 2. Klik Edit, yang terletak pada menu bar. Sebuah menu drop-down akan muncul. 3. Klik Potong. Penggunaan dengan keyboard shortcuts : 1. Pilih apa yang ingin dipotong. 2. Tekan Ctrl-x. Penggunaan dengan ikon : 1. Pilih apa yang ingin dipotong. 2. Klik ikon Cut. • Copy Pengertian : Copy mirip dengan Cut kecuali item asli tidak dihapus. Bila Anda menyalin sesuatu, salinan item disimpan ke Clipboard. Informasi yang tersimpan di Clipboard tinggal di sana sampai informasi baru baik dipotong atau disalin.Setiap kali Anda mengeksekusi Potong atau Salin, Anda mengganti informasi tua di Clipboard dengan apa pun yang Anda hanya dipotong atau disalin. Anda dapat menyisipkan informasi Clipboard sesering Anda suka, sampai Anda menggantinya dengan sesuatu yang lain. Penggunaan dengan menu : 1. Pilih apa yang ingin Anda salin. 2. Klik Edit, yang terletak pada menu bar. Sebuah menu drop-down akan muncul. 3. Klik Copy. Pengguaan dengan keyboard shortcuts : 1. Pilih apa yang ingin Anda salin. 2. Tekan Ctrl-c. Penggunaan dengan ikon : 1. Pilih apa yang ingin Anda salin. 2. Klik ikon Copy. • Paste Pengertian : Anda dapat menempatkan informasi pada Clipboard manapun Anda suka. Jalankan perintah Paste dan informasi yang Anda telah dipotong atau disalin ditempatkan dimanapun kursor berada. Penggunaan dengan menu : 1. Tempatkan kursor pada titik di mana Anda ingin menempatkan informasi yang saat ini pada Clipboard. 2. Klik Edit. Sebuah menu drop-down akan muncul. 3. Klik Paste. Penggunaan dengan keyboard shortcuts : 1. Tempatkan kursor pada titik di mana Anda ingin menempatkan informasi yang saat ini pada Clipboard. 2. Tekan Ctrl-v. Penggunaan dengan ikon : 1. Tempatkan kursor pada titik di mana Anda ingin menempatkan informasi yang saat ini pada Clipboard. 2. Klik ikon Paste. • Clipboard Clipboard adalah tempat penyimpanan untuk item yang telah dipotong atau disalin. Setiap kali Anda mengeksekusi Potong atau Salin, Anda mengganti informasi tua di Clipboard dengan apa pun yang Anda hanya dipotong atau disalin. Anda dapat menyisipkan informasi Clipboard sesering Anda suka, sampai Anda menggantinya dengan sesuatu yang lain.
18. Apakah ada universal yang berlaku untuk hampir semua program? Ya, ada dan saya daftar beberapa dari mereka di sini. Saya menggunakan konvensi berikut untuk menunjukkan jalan menu: View> Toolbars . Bila Anda melihat View> Toolbars , artinya pilih View dari menu bar dan pilih Toolbars dari menu drop-down. Daftar berikut ini berlaku untuk banyak orang, tetapi tidak semua program. Periksa dokumentasi masing-masing program untuk informasi khusus untuk program ini. Icon Shortcut Key Menu Jalur Perintah Deskripsi Ctrl-n File> New Membuat file baru. Ctrl-o File> Open Membuka file yang ada. Ctrl-s File> Save Menyimpan file saat ini. Ctrl-p File> Print Mencetak file saat ini. Ctrl-f Edit> Search Cari teks dalam dokumen saat ini. Ctrl-x Edit> Cut Potong (menghapus dan tempat pada Clipboard) pilihan saat ini. Ctrl-v Edit> Paste Tempatkan bahan saat ini di Clipboard di file di lokasi saat ini. Ctrl-c Edit> Copy Salin pilihan saat ini ke Clipboard. Ctrl-z Edit> Undo Membalikkan perintah terbaru. Tempatkan program di negara itu sebelum mengeksekusi perintah terakhir. Ctrl-y Edit> Redo Membalikkan terakhir membatalkan. Tempatkan program di negara itu sebelum mengeksekusi Undo. Format> Font Terapkan font untuk pilihan saat ini. Format> Font Mengatur ukuran font untuk pilihan saat ini. Ctrl-b Format> Font Bold pilihan saat ini. Ctrl-i Format> Font Huruf miring pilihan saat ini. Ctrl-u Format> Font Garis bawahi pilihan saat ini. Ctrl-l Kiri-align seleksi. Ctrl-r Kanan-align seleksi. Ctrl-e Pusat seleksi. Ctrl-j Ratakan seleksi. View> Toolbars Pilih toolbar yang ingin ditampilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar